Kamis, 18 Oktober 2012

Mengenal Berbagai Jenis Motif Batik



Mengenal Berbagai Jenis Motif Batik

Saat melihat batik, pasti kita akan mengetahui cirinya dari aneka motif yang begitu beragam. Namun tahukah Anda, bahwa batik memiliki jenis motif yang bisa kita kenali?? Jenis motif tersebut mempunyai nama yang dimaksudkan dengan apa yang ingin disampaikannya.

Dalam memilih seragam kerja batik, rasanya perlu memperhatikan jenis motif yang sesuai, agar selain tampilan resmi dan berwibawa, motif pada seragam kerja batik bisa menggambarkan orang yang menggunakannya.

Berikut adalah nama dan jenis motif batik yang dimaksud. Check it out!!

1.       Motif Batik Sekar Jagad
Motif batik ini mempunyai ciri berupa lingkaran yang terkait satu sama lain, posisinya tidak beraturan, kemudian di tengahnya berisi motif lain berupa bunga atau titik.

Motif batik jenis Sekar Jagad ini mempunyai maksud filosofis yang berarti keindahan atau  Kar Jagad (peta dunia) yang memiliki keberagaman keindahan.

Seragam kerja batik yang menggunakan motif ini kebanyakan adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang seni atau keindahan, serta keberagaman daripada penggunanya.

2.       Motif Batik Kawung
Motif ini terlihat seperti bunga teratai, yang lainnya menganggap sebagai pohon kawung atau kolang kaling.

Maksud filosofis motif batik ini, melambangkan keabadian dan umur yang panjang. Tatanan yang ada pada motif batik ini yang begitu geometris memberikan kesan seni yang indah dan enak dipandang.

Seragam kerja batik dengan menggunakan motif batik ini bisa berarti perusahaan tersebut ingin berumur panjang atau sudah bertahan dalam waktu yang lama.

3.       Motif Batik Semen
Motif batik ini digambarkan dengan beberapa ornament dengan keterkaitan satu sama lain. Simbol yang ada antara lain darat, udara dan lautan. Ada gambar binatang dalam motifnya, antara lain garuda, mega mendung serta burung sebagai penghuni udara, ada ular, ikan serta katak sebagai penghuni lautan, untuk darat ada hewan dengan empat kaki dan tumbuhan.

Makna filosofisnya adalah kemakmuran. Jenis seragam kerja batik yang menggunakan motif ini pastinya mengharapkan kemakmuran dan ciri keberagaman orang yang menghuni perusahaan tersebut.

***

Tidak jadi soal, Anda akan menggunakan motif seragam kerja batik yang bagaimanapun, penjelasan di atas hanya sebagai gambaran tentang jenis motif batik dan makna filososfisnya.

Yang penting adalah, seragam kerja batik Anda bagus, menarik dan indah dipandang. Semoga bermanfaat J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar