Sabtu, 20 Oktober 2012

Panduan Merawat Seragam Kerja



Panduan Merawat Seragam Kerja

Merawat seragam kerja memang gampang gampang susah, tergantung dari model dan jenis bahan yang digunakan. Namun ada beberapa tips yang bisa Anda coba saat membersihkan seragam kerja, yaitu :

1.       Pencucian
Saat direndam, sebaiknya pisahkan seragam kerja dengan pakaian yang lain.  Hal ini supaya menghindari efek bau dan pencampuran warna baik dari pakaian lain ke seragam kerja ataupun sebaliknya.

Jika seragam kerja Anda berwarna putih, sebaiknya gunakan pemutih pakaian agar warna putihnya bisa lebih putih dan tidak ada warna kekuningan.

Jangan terlalu lama direndam, paling lama 30 menit, kemudian bilas dan keringkan.

2.       Penjemuran
Seragam kerja adalah pakaian yang tidak bisa kita beli sesuka hati, sebagian hanya mendapatkan jatah beberapa stel dalam setahun, dan sebagian lagi harus membuat sendiri. Maka dari itu, perawatan seragam kerja diperlukan, khususnya saat penjemuran.

Agar warna yang ada tetap terjaga dan tidak gampang pudar, sebaiknya jemur dengan membalikkannya, agar sinar matahari tidak mengenai bagian luar seragam kerja secara langsung.

3.       Proses Menyetrika
Sebaiknya gunakan setrika yang mempergunakan adjustment atau pengaturan suhu, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan bahan kain seragam kerja Anda.

Sebagian kain kuat dalam suhu yang panas, tetapi sebagian lagi hanya kuat dalam suhu yang kurang panas.

Di dalam pengaturan setrika pun biasanya disertakan petunjuk suhu untuk tiap jenis kain, ada yang wool, cotton, dan lain lain. Ketahui jenis kain seragam kerja Anda dan atur suhu panasnya agar seragam kerja Anda terhindar dari terbakar atau gosong.

Jangan melipat seragam kerja yang baru saja disetrika, tetapi sebaiknya gantung di dalam lemari. Jika mau langsung dikenakan, sebaiknya gantung dulu dan tunggu sekitar 10 sampai 30 menit, agar seragam kerjanya tidak mudah kusut.

***

Demikian cara merawat seragam kerja dari mulai pencucian, penjemuran dan proses menyetrika.

Semoga bermanfaat J

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Mencari bahan kain seragam berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus