Jumat, 12 Oktober 2012

Jenis Bahan / Kain Seragam Kerja



Bahan Yang Biasa Digunakan Untuk Seragam Kerja

Pakaian, khususnya seragam kerja memang sebaiknya menjadi pakaian yang enak dan nyaman dipakai. Karena itu, perlu bahan yang baik sehingga pemakainya merasa nyaman saat mengenakannya.

Bahan yang biasa digunakan untuk seragam kerja banyak sekali, namun kebanyakan yang digunakan yaitu :

1.       Polyester
2.       Katun

Bagaimana sifat dari kedua bahan kain tersebut, mari kita bahas lebih lanjut :

Bahan 1 > Polyester
Kain yang menggunakan plastik sebagai bahan bakunya ini, diolah sedemikian rupa sehingga menjadi serat serat plastik, yang kemudian ditenun dan dijadikan kain dalam bentuk lembaran. Lembaran kain inilah yang dijadikan bahan seragam kerja.

Sifat dari kain ini sangat cocok untuk orang yang aktif, karena tidak gampang kusut, tidak akan melar dan juga menyusut, saat dijemur kain ini cepat kering.

Seragam kerja dari bahan ini lebih cocok digunakan oleh karyawan atau pekerja yang bekerja di dalam ruangan ber-AC dan tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat. Karena kain ini memiliki kekurangan, yaitu panas saat digunakan dan susah menyerap keringat.

Bahan 2 > Katun
Kain katun ini bahan bakunya berbeda dengan polyester. Kain ini asalnya dari tumbuh-tumbuhan, diolah dan dijadikan serat serat kain, selanjutnya ditenun dan dijadikan kain dalam bentuk lembaran.

Kain ini mempunyai sifat yang berlainan dengan polyester. Kain ini mudah sekali menyerap keringat karena terbuat dari tumbuh tumbuhan, selain itu saat digunakan kain ini terasa dingin, menjadikan kain ini cocok buat Anda yang bekerja di daerah panas.

Ada kelebihan, maka ada juga kekurangannya. Seragam kerja yang terbuat dari bahan katun ini mudah kusut, juga mudah kotor. Dalam pengeringan pun, kain ini agak lama saat dikeringkan.

***
Demikian kedua bahan kain yang bisa Anda jadikan alternatif untuk seragam kerja. Setelah mengenali sifat, kelebihan dan kekurangan kedua kain tersebut, Anda tinggal memilih kira kira jenis kain yang mana yang lebih cocok dengan jenis pekerjaan Anda.

Semoga bermanfaat J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar